Nama : Aziz Kautsarman Jaya D1C018054

Ketika Platform Digital Berubah Haluan

               News Tab merupakan permainan politik Facebook untuk memanfaatkan perseteruan antara Google dan penerbit. Facebook mencoba mengambil momentum untuk menarik simpati penerbit yang sedang bersitegang dengan Google.

               News Tab

News Tab adalah satu bagian pada situs Facebook yang secara khusus disediakan untuk menayangkan kembali berita-berita terpilih dan terkurasi milik para penerbit. Dari proyek ini, Facebook menjanjikan pendapatan dan pembaca baru yang signifikan untuk penerbit. Sarah Brown, pimpinan News Partnerships Facebook untuk Eropa Utara, menyatakan, Facebook akan merekrut kurator profesional untuk mengurasi berita-berita penerbit berdasarkan pertimbangan, seperti kedalaman berita, aktualitas, sudut pandang yang menarik, kredibilitas sumber, dan keaslian berita. The Guardian memperkirakan pemasukan tahunan dari News Tab untuk penerbit di Inggris bisa mencapai puluhan juta pound.

Penerbit Inggris yang telah bergabung dalam proyek News Tab adalah The Guardian, The Daily Mirror, The Independent, The Economist serta banyak penerbit lokal. Bagi Facebook, injeksi dana itu merupakan pilihan yang sulit dihindari setelah mereka menghadapi tekanan keras dari pemerintah maupun penerbit. Pemerintah Inggris, Perancis, Uni Eropa, dan Australia sebelumnya telah menuduh platform digital melakukan «tindakan sepihak» terhadap para penerbit yang bertentangan dengan prinsip antimonopoli. Kemarahan pemerintah dan penerbit adalah sesuatu yang nyata dan meskipun coba dilawan, justru semakin mengeras di sejumlah negara.


Suara sumbang

Negosiasi tentang publisher right dijalankan setelah pada sisi lain, Google mengumumkan akan menerapkan fee untuk teknologi penunjang periklanan pada ekosistem Google yang dimanfaatkan penerbit. Google dituduh menggunakan monopolinya atas distribusi konten dan periklanan digital untuk menerapkan kebijakan yang sepihak kepada penerbit di negeri «Paman Sam». «News Showcase sepertinya merupakan gagasan untuk mendukung penerbit melalui konten berlisensi. Google akan mengontrol bagaimana penerbit menyajikan dan menyebarkan berita. »
Angela Mills-Wade, Direktur Eksekutif the European Publishers Council, menegaskan, penerbit memiliki pengalaman negatif dalam hal ini. Pada proyek Accelerated Mobile Pages, Google memang membantu mempercepat akses atas situs web penerbit. Frederic Filloux dalam artikel «Google vs EU Pubs and Facebook’s New Trick» menyatakan, News Tab merupakan permainan politik Facebook untuk memanfaatkan perseteruan antara Google dan penerbit. Facebook mencoba mengambil momentum untuk menarik simpati penerbit yang sedang bersitegang dengan Google terkait publisher right.


Pendapat Saya

Cukup menarik dimana tema yang diangkat dalam artikel itu tentang hak cipta jurnalistik . dimana hak cipta ini sudah di terapkan di berbagai negara contohnya saja yang paling terkenal amerika dimana kebebasan pers sangat terjamin disana. 

yang saya tangkap dalam artikel ini bermuka dua dimana Google dan Facebook, sebagai Platform  besar dinilai bermain-main dengan kebijakan tentang hak cipta jurnalistik ini.  awalnya,  google dan Facebook sama-sama menolak dan mengancam akan menghentikan indeksasi,agregasi dan kurasi berita milik penerbit, serta  melontarkan ancaman boikot terhadap para penerbit, namun kemudian bersepakat untuk menerima hasil kesepakatan dari publisher right itu sendiri. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini