Nama : Aziz Kautsarman Jaya D1C018054
Ketika Platform Digital Berubah Haluan
News Tab
merupakan permainan politik Facebook untuk memanfaatkan perseteruan antara
Google dan penerbit. Facebook mencoba mengambil momentum untuk menarik simpati
penerbit yang sedang bersitegang dengan Google.
News Tab
News Tab adalah satu bagian pada situs Facebook
yang secara khusus disediakan untuk menayangkan kembali berita-berita terpilih
dan terkurasi milik para penerbit. Dari proyek ini, Facebook menjanjikan pendapatan dan pembaca
baru yang signifikan untuk penerbit. Sarah Brown, pimpinan News Partnerships Facebook untuk
Eropa Utara, menyatakan, Facebook akan merekrut kurator profesional
untuk mengurasi berita-berita penerbit berdasarkan pertimbangan, seperti kedalaman berita, aktualitas, sudut pandang yang menarik, kredibilitas sumber, dan keaslian berita. The Guardian memperkirakan pemasukan tahunan
dari News Tab untuk penerbit di Inggris bisa mencapai puluhan juta pound.
Penerbit Inggris yang telah bergabung dalam proyek
News Tab adalah The Guardian, The Daily Mirror, The Independent, The Economist serta banyak penerbit lokal. Bagi Facebook, injeksi dana itu merupakan pilihan yang
sulit dihindari setelah mereka menghadapi tekanan keras dari pemerintah maupun
penerbit. Pemerintah Inggris, Perancis, Uni Eropa, dan Australia sebelumnya telah menuduh
platform digital melakukan «tindakan sepihak» terhadap para penerbit yang
bertentangan dengan prinsip antimonopoli. Kemarahan pemerintah dan penerbit adalah
sesuatu yang nyata dan meskipun coba dilawan, justru semakin mengeras di sejumlah negara.
Suara
sumbang
Negosiasi tentang publisher right dijalankan
setelah pada sisi lain, Google mengumumkan akan menerapkan fee untuk
teknologi penunjang periklanan pada ekosistem Google yang dimanfaatkan penerbit. Google dituduh menggunakan monopolinya atas
distribusi konten dan periklanan digital untuk menerapkan kebijakan yang
sepihak kepada penerbit di negeri «Paman Sam». «News Showcase sepertinya merupakan gagasan
untuk mendukung penerbit melalui konten berlisensi. Google akan mengontrol bagaimana penerbit
menyajikan dan menyebarkan berita. »
Angela Mills-Wade, Direktur Eksekutif the European Publishers
Council, menegaskan, penerbit memiliki pengalaman negatif dalam
hal ini. Pada proyek Accelerated Mobile Pages, Google memang membantu mempercepat akses
atas situs web penerbit. Frederic Filloux dalam artikel «Google vs EU
Pubs and Facebook’s New Trick» menyatakan, News Tab merupakan permainan politik
Facebook untuk memanfaatkan perseteruan antara Google dan penerbit. Facebook mencoba mengambil momentum untuk
menarik simpati penerbit yang sedang bersitegang dengan Google terkait
publisher right.
Komentar
Posting Komentar